Menu

Penyebab, dan Solusi Mengatasi Laptop/Komputer yang Lemot

Sep
12
2016
by : skom. Posted in : artikel
solusi-laptop-lemotPenyebab, dan Solusi  Mengatasi Laptop/Komputer yang Lemot – Berhubung tadi ada temen saya yang curhat tentang laptopnya yang mulai terasa lambat alias lemot, saya jadi tertarik untuk mengulasnya sedikit disini. Tentunya kita tidak ingin merasakan kinerja dari laptop yang kita gunakan menjadi lambat, selain mengganggu kenyamanan juga dapat menggangu kinerja kita.Laptop dan Komputer yang lelet atau lemot adalah masalah besar pagi penggunanya. Bagaimana tidak, dengan komputer / laptop yang lemot, terkadang membuka startup saja berjalan sangat lambat, membuka windows explorer saja ngehang dan not responding. Selain itu banyak lagi masalah yang ditimbulkan akibat laptop / komputer yang lambat. Tidak peduli itu windows xp, windows 7, windows 8 atau windows terbaru yaitu windows 10, pasti akan mengalami masalah lamban ini. Cara mempercepat laptop/komputer yang lemot lelet lamban.Berikut adalah beberapa penyebab kenapa komputer atau laptop menjadi lambat, silahkan anda baca satu persatu dan coba terapkan di komputer anda. Karena keenam faktor berikut adalah faktor yang umum ataupun sering terjadi.
  • Banyak sekali program yang terinstall
Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer. Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan, caranya buka software Ccleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak terlalu penting. Kemudian, anda juga bisa menguninstall program-program tidak jelas yang ada pada komputer anda melalui control panel. Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall. 
  • Virus Yang MengInfeksi Laptop atau Komputer
Menurut saya virus yang bersarang pada laptop dapat menyebabkan kinerja dari laptop itu menjadi lambat, karena sebagian virus ada yang tinggal di memory pada saat laptop pertama kali melakukan booting, dan juga ada tipe virus yang sengaja memenuhi beban memory yang akhirnya memperlambat kinerja dari sebuah laptop. Untuk itu sebaiknya pastikan anti virus yang terpasang pada perangkat anda selalu terupdate, dan jangan lupa untuk melakukan scanning system secara teratur.Salah satu tipe dari virus yang cukup menyebalkan ialah adware. Ketika Anda membuka suatu browser, langsung muncul iklan dari search engine nya atau homepagenya bukan default dari browser tersebut. Ini mengindikasikan bahwa laptop Anda telah terkena virus adware. Ini dikarenakan Anda asal menginstall software tanpa mengerti dan membacanya terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan software “Adware Remover”. 
  • Format Ulang Sistem operasi / Install Ulang.
Ini salah satu solusi apabila dari ketiga tips ataucara diatas belum berhasil meningkatan kecepatan laptop Anda. Karena jika Anda menginstall sistem operasi dari awal, maka laptop Anda dijamin akan kembali fresh seperti setelah mandi pagi. 
  • Bersihkan Fan Laptop / Komputer
Debu yang banyak menumpuk pada bagian dalam laptop juga dapat mempengaruhi kinerja dari laptop teresebut, karena banyaknya debu menyebabkan sirkulasi udara didalam laptop mejadi buruk dan dampaknya adalah panas yang dihasilkan laptop tidak dapat dialirkan keluar dengan baik. Bagian – bagian yang perlu dibersihkan seperti fan dan juga tempat sirkulasi udara, serta dapat menambahkan thermal paste pada bagianprocessornya. Panas yang berlebih menyebabkan menurunnya kinerja dari laptop yang kita gunakan.
  • Kapasitas Hardisk
Kapasitas hard disk yang penuh, terutama pada drive tempat kita menginstall sistem operasinya, misal drive C akan sangat mempengaruhi kecepatan dari laptop itu sendiri, usahakan masih ada cukup ruang kosong disana. Selain itu beberapa masalah yang ada pada hard disk, diantaranya adalah hard disk terfragmentasi, harddusk bad sector, hard disk sudah lama sehingga rpm-nya menurun. Kalau dirasa perlu, anda bisa juga meng-upgrade hard disk anda agar lebih maksimal performanya.
  • Upgrade RAM
Ini menjadi solusi terakhir untuk mengatasi laptop anda yang lemot. RAM yang terlalu kecil juga mempengaruhi kinerja, karena tidak dapat cepat dalam menjalankan atau mengeksekusi suatu perintah yang diberikan, sehingga proses yang dijalankan menumpuk dan membebani system. Ada baiknya apabila kapasitas RAM dirasa kecil, dapat melakukanupgrade, tetapi juga harus memperhatikan hal – hal yang ada, seperti yang sudah saya paparkan pada artikel yang satu ini.

artikel lainnya Penyebab, dan Solusi Mengatasi Laptop/Komputer yang Lemot

Sunday 16 October 2016 | artikel

Cara Menampilkan File Hidden akibat Virus – Secara default Windows tidak akan menampilkan file, folder, dan…

Thursday 6 July 2017 | artikel

Tutorial cara melakukan traceroute pada website Apakah situs anda lama sekali diaksesnya ? atau bahkan tidak…

Friday 26 August 2016 | artikel, jasa

JASA SERVICE KOMPUTER Terpercaya JASA SERVICE KOMPUTER – TIPS Merawat KOMPUTER AGAR TIDAK CEPAT Rusak Ada…

Saturday 11 November 2017 | artikel

Jasa Pembuatan Email Resmi Perusahaan di Bekasi Cikarang dan Cibitung Melayani jasa pembuatan email baik untuk…