Menu

Penggunan USB yang berlebihan di Laptop Sangat BAHAYA

Sep
07
2016
by : skom. Posted in : artikel
port-usb-laptop-rusakPenggunan USB yang berlebihan di Laptop Sangat BAHAYA – Saat ini semua serba mengandalkan port USB. Dan port USB sudah mengalami beberapa reinkarnasi dari  USB 2.0 sampai sekarang USB 3.0. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kekurangan dari USB 3.0 diantaranya :
  • Tidak didukung oleh sistem operasi Windows XP. Namun sudah di dukung Windows 7 ke atas dan Linux.
  • Penjang kabel maksimal 3 meter sedangkan USB 2.0 bisa mencapai 5 meter. (kekurangan ini bisa ditangani dengan menambahkan USB Hub.
  • Kecepatan pengiriman data tidak bisa mencapai kecepatan yang optimal di semua piranti. contohnya hardisk piringan hanya terbatas kecepatan piringan tersebut berputar.
USB sekarang sudah versi 3.0 Sekilas jika kita perhatikan hampir tidak ada perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0. Secara fisik ukuran mereka sama. Sekilas yang membedakan satu USB 2.0 dan USB 3.0 adalah USB 2.0 memiliki bantalan berwarna putih sedangkan USB 3.0 memiliki bantalan berwarna biru. Secara umum, USB 3.0 memiliki kecepatan lebih tinggi sekitar 3.2Gbps (400MB/s) dan secara teori dapat mencapai 4.8Gpbs. Kecepatan ini 6 sampai 10 kali lebih cepat dari pada USB 2.0. karena USB 3.0 sudah mengadopsi teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis bersamaan (simultan). Kelebihan lain dari USB 3.0 adalah lebih hemat listrik karena tegangan listrik semula 4.4V menjadi 4V dan arusnya ditingkatkan jadi 150mA. USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat sekaligus. USB 3.0 juga mendukung idle, sleep dan suspend sehingga managemen power lebih baik. Perangkat yang menggunakan USB 2.0 bisa disambungkan ke USB 3.0 namun perangkat USB 3.0 tidak bisa disambungkan ke USB 2.0. Misalnya kita memiliki flashdisk USB 2.0 dan kita ada komputer yang USB 3.0 nah itu bisa digunakan dengan performa terbaik USB 2.0. Namun jika flashdisk kita USB 3.0 ternyata komputer kita hanya tersedia port USB 2.0 maka pasti komputer tidak bisa mendeteksi flashdisk tersebut. Dalam pemakaian komputer sehari – hari adakala nya tanpa sadar kita telah memakai semua port USB yang tersedia untuk berbagai macam alat. Semua terhubung ke komputer. Dari mulai sebuah printer, USB Flash Disk, External HDD dan sebagainya. Bahkan ada  beberapa pengguna laptop atau PC Dekstop menjadikan port USB sebagai charger ponsel dan portabel hotspot Perlu di perhatikan, ternyata penggunaan port USB yang berlebihan, apalagi menggunakannya sebagai sumber catudaya adalah hal yang berbahaya. Ada beberapa kasus laptop mengalami mati total akibat dampak pemakaian port USb tidak sebagaimana mestinya. Biasanya kerusakan laptop yang terjadi akibat pemakaian port USB berlebih adalah mulai dari USB port yang tidak dapat mengenali/ detect alat yg terhubung dengannya, laptop menjadi bluescreen dan restart hingga terbakarnya chipset southbridge di mainboard. Jika sampai southbridge pada sebuah laptop atau PC dekstop terbakar akan menyebabkan terjadinya mati total pada komputer. Oleh karena itu bijaksanalah dalam menggunakan port USB komputer anda. Jangan asal colok, perhatikan dengan baik apakah alat yang akan anda koneksikan ke port USB dalam kondisi normal. Hindari pemakaian port USb sebagai catu daya atau sumber tegangan, apalagi pemakaian untuk waktu yang lama.  

artikel lainnya Penggunan USB yang berlebihan di Laptop Sangat BAHAYA

Thursday 4 May 2017 | artikel

Peluang Wirausaha di Bidang IT – Saat ini, teknologi komputer sudah sangat berkembang pesat. Banyak orang…

Sunday 23 October 2016 | artikel

Cara Install windows 10 dengan USB – Windows 10 adalah sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan…

Monday 7 November 2016 | artikel

Mengatasi Laptop atau komputer yang sering mati sendiri – Laptop atau notebook adalah sebuah komputer kecil…

Thursday 27 October 2016 | artikel

Cara Mudah Remote Desktop Menggunakan Teamviewer – Windows anda eror atau corrupt, atau lupa laptop anda ketinggalan…