Menu

Cara memperbaiki Flashdisk yang rusak dengan Software

Sep
06
2016
by : skom. Posted in : artikel
service-flashdiskCara memperbaiki Flashdisk yang rusak dengan Software  || Sangat menyebalkan sekali ketika mengalami masalah pada flashdisk, seperti ketika sedang mengcopy file dari komputer ke flashdisk tiba-tiba flashdisk tercabut sebelum proses selesai. Inilah yang sering membuat flashdisk menjadi rusak: ketika flashdisk dipasang kembali, Windows tidak mendeteksinya. Yang terjadi ketika flashdisk dicabut tanpa dieject terlebih dahulu? Kemungkinan besar flashdisk akan mengalami resiko kerusakan dan menjadi tidak bisa diakses. Karena tanpa dieject akan merusak tabel partisi. Gunakan Partition Wizard, yaitu sebuah software untuk membuat partisi dan juga bisa untuk memperbaiki kerusakan pada tabel partisi untuk media penyimpanan seperti hardisk maupun flashdisk. Berikut tutorial singkat bagaimana cara merecovery flashdisk yang tidak bisa terbaca. – Koneksikan  Flashdisk ke PC Recovery ini hanya memungkinkan jika flashdisk masih terdeksi di komputer. Drive flashdisk akan muncul                  tetapi tidak bisa diakses karena partisi rusak. service-flashdisk-yang-rusak-1 Folder dan file tidak muncul, hanya ada keterangan seperti gambar diatas “Please insert a disk into the                           Removable Disk drive” atau keterangan lain seperti “Format the disk in the drive to use it.” service-flashdisk-yang-rusak-2 Error yang muncul berbeda-beda tergantung kerusakan pada flashdisk. Untuk itulah kita gunakan Partition               Wizard untuk menyelamatkan flashdisk
  • Instal dan Jalankan Program Partition Wizard Download software Partition Wizard dan jalankan. Ikuti langkahnya sampai selesai. Untuk menjalankan kita perlu memberi akses sebagai administrator.
service-flashdisk-yang-rusak-3
  • Cari driver flashdisk yang rusak Partition Wizard akan menampilkan semua drive dimenu utama. Flashdisk atau Sdcard yang rusak akan tampil tanpa ada partisi. Biasanya akan tertulis “unallocated” pada flashdisk yang error.
service-flashdisk-yang-rusak-4
  • Jalankan menu Partisi Recovery Wizard Partition Wizard dapat dijalankan dari menu samping atau dari menu pada bagian atas.
  • Pilih drive yang akan direcovery Pertama kita klik pada drive yang akan direcovery. Tekan lalu klik Next >
service-flashdisk-yang-rusak-5
  • Scan seluruh drive untuk mencari partisi Partition Wizard dapat menscan semua drive atau hanya drive tertentu saja. Karena ini hanya flashdisk kita pilih full scan lalu tekan Next >
service-flashdisk-yang-rusak-6
  • Pilih metode scan Partition Wizard mempunyai 2 metode yaitu Quick Scan dan Full Scan. Quick Scan adalah pilihan terbaik disemua situasi. Gunakan full scan hanya jika Quick Scan tidak berhasil merecovery partisi.
service-flashdisk-yang-rusak-8
  • Pilih partisi yang akan direcovery Pada tampilan layar berikutnya, Partition Wizard akan menampilkan partisi yang ditemukan setelah discan. Biasanya disini akan muncuk 1 partisi. Pilih partisi tersebut dengan memilih cek pada menu.
service-flashdisk-yang-rusak-9 Jika drive sudah sering dipartisi maka disini akan muncul banyak partisi, sehingga akan terlihat partisi yang             sudah lama. Pilih partisi yang masih bagus dan akurat.
  • Terapkan perubahan Partition Wizard tidak akan memperbaiki partisi drive sebelum kita menekan “Apply Changes”.
service-flashdisk-yang-rusak-10 Kita akan diminta apakah akan menerapkan perubahan partisi. Tekan Yes dan tunggu hingga proses selesai. Sekarang flashdisk anda sudah bisa digunakan lagi. Coba untuk dicabut dan colok kembali jika tidak kedetek.  

artikel lainnya Cara memperbaiki Flashdisk yang rusak dengan Software

Thursday 1 September 2016 | artikel

Yang namanya manusia punya fitrah yaitu pelupa. Nah ini sangat berbahaya kalau yang lupa mengenai hal-hal…

Thursday 29 September 2016 | artikel

Pentingnya Testimoni dalam Bisnis Online – Perkembangan bisnis online yang ada saat ini, tidak lepas dari…

Saturday 13 August 2016 | artikel

Peretas yang Terkenal di Dunia Hacker berbahaya satu ini ternyata berkebangsaan dan bertanah air Indonesia. Jim Geovedi bukan hacker Indonesia ecek-ecek…

Wednesday 5 October 2016 | artikel

Istilah DoS (Denial of Service) – DoS attack merupakan serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan target (hang, crash)…