Menu

Cara Memasang Modular Jack RG 45 pada Faceplate

Oct
21
2017
by : Psk-Nusa. Posted in : network
Cara Memasang Modular Jack RG 45 pada Faceplate – Jaringan Internet Kantor – LAN Kantor  –  Lan Gedung dan pabrik di bekasi cikarang cibitung dan kerawang

Pemasangan Kabel Pada Modular Jack dan Faceplate/Wallplate

Melakukan pemasangan modular jack dan faceplate/wallplate tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal-hal yang berhubungan dengan jaringan harus dilakukan dengan keahlian khusus. Jika Anda bingung bagaimana cara memasang modular jack, Anda bisa menggunakan tenaga teknisi profesional yang mengenal dunia jaringan.

Cara memasangnya adalah mengupas ujung kabel (kabel UTP) sehingga terlihat atau terkelupas selubung isi kabel tersebut. Di dalam kabel tersebut terdapat serabut kabel yang berwarna. Perbaiki atau luruskan warna pada kabelnya. Lalu sesuaikan dan cocokkan kabel pada modular. Gunakan alat khusus seperti obeng atau punch down untuk menyesuaikan kabel.

Tutup bagian modular jack. Maka selesailah proses pemasangan kabel pada modular jacknya. Selanjutnya kita bisa melakukan uji kabel menggunakan LAN tester.

Itulah fungsi modular jack dan faceplate/wallplate yang bisa dishare dalam artikel ini. Selamat mencoba instalasi jaringan berikut peralatan dan komponen yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat bagi semua.

Fungsi Modular Jack dan Faceplate/Wallplate

Modular jack biasanya berfungsi untuk penghubung atau konektor female yang terhubung dari panel modular jack lalu dari modular jack itu sendiri nanti dihubungkan ke patch cord yang disambungkan ke berbagai jaringan seperti telepon, printer, komputer, maupun wireless router.

Modular jack sebenarnya ingin memudahkan seseorang dalam menggunakan jaringan. Tanpa modular jack sebuah jaringan pun bisa berfungsi. Ini bisa disiasati dengan penggunaan kabel UTP(unshielded twisted pair) maupun kabel STP (shielded twisted pair) yang berasal dari port switch ke komputer secara langsung.

Namun jika ingin melakukan perawatan, komputer yang akan dipindahkan harus mengganti kabel UTP maupun STP yang tertarik. Ini tentu akan menyulitkan kita. Maka modular jack tersebut akan memudahkan kita dalam hal jaringan. Kita hanya mengganti patch cord (kabel jenis UTP) saja jika memakai modular jack.

Sedangkan faceplate/wallplate memiliki fungsi sebagai tempat sambungan kabel UTP atau unshielded twisted pair yang dihubungkan dari modular jack. Nah, itulah maksud dan fungsi modular jack dan faceplate/wallplate itu sendiri.

Cara Kerja Modular Jack dan Faceplate/Wallplate

Cara kerja dari modular jack dan faceplate/wallplate bisa digambarkan sebagai berikut. Kabel UTP maupun STP yang dihubungkan dengan patch panel suatu alat yaitu punch down tool. Puch down tool bisa berupa modular jack itu sendiri yang diberi frame agar bisa dipasang pada rack server.

Lalu dari ujung kabel UTP/STP yang terhubung dengan modular jack dengan punch down tool tersebut lalu ditempatkan faceplate/wallplate yang bentuknya seperti saklar pada jaringan listrik. Selanjutnya port dalam jaringan yang terdapat pada modular jack dihubungkan dengan patch cord ke telepon, printer, komputer, maupun wireless perute (router).

Misalnya kita ingin menghubungkan jaringan telepon menggunakan patch cord maka pastikan terlbih dahulu jenis modular jack dan patch cord RJ 11.

artikel lainnya Cara Memasang Modular Jack RG 45 pada Faceplate

Thursday 30 November 2017 | network

Jasa Renovasi Jaringan Komputer di Jababeka Cikarang PT Global Mega Indonesia Alhamdulillah kami Nusalogic.com dapat amanah…

Wednesday 18 October 2017 | network

Jasa Instalasi jaringan Kantor Pabrik di kawan industri bekasi cikarang tambun dan deltas mas LAN, Jasa Instalasi…